Manajemen sistem informasi


Gambar


Definisi

Manajemen sistem informasi adalah suatu sistem yang digunakan untuk perencanaan, pengendalian, pengelolaan dan pengarahan yang menyediakan informasi yang bertujuan untuk mendukung operasional manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.


Macam macam

1. Supply Chain Management

Sistem informasi manajemen ini membantu perusahaan dalam untuk mencatat seluruh hal yang berhubungan dimulai dari penyediaan bahan baku hingga konsumen akhir termasuk pengelolaan inventaris, pengiriman produk, dan koordinasi dengan mitra bisnis lainnya dengan baik


2. Office Automation System

Merupakan aplikasi yang dapat menyatukan perangkat komputer perusahaan ke dalam satu wadah yang terpadu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan departemen-departemen di perusahaan saling berkomunikasi satu sama lain.


3. Enterprise Resource Planning

Sistem informasi manajemen ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan kontrol  dan mengelola berbagai aspek operasional mereka, termasuk keuangan, sumber daya manusia, dan produksi..


4. Knowledge Work System

 Jenis sistem informasi manajemen ini membantu pekerja dalam mengakses, mengelola, dan berbagi pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan mereka. Diharapkan kinerja perusahaan yang mengadopsi sistem informasi ini jauh lebih efektif dan efisien.


5. Executive Support System:

Sistem ini  membantu manajer untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dan bisnis.


6. Informatics Management System

Sistem informasi jenis ini dapat membantu pekerjaan yang dilakukan manusia dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini karena Informatics Management System menggabungkan program komputer dengan sekumpulan informasi dan data milik perusahaan.

 

7. Expert System dan Artificial Intelligence

Sistem informasi  ini seringkali menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis penyelesaian masalah dengan menggunakan pengetahuan para ahli yang diprogram ke dalamnya.


8. Decision Support System

Sistem pendukung keputusan atau DSS berguna dalam membantu pemimpin bisnis mengambil  keputusan atau tindakan tertentu. Berkat penerapan sistem informasi ini, pengambilan keputusan  akan jauh lebih akurat.


9. Transaction Processing System

Sistem transaksi pada setiap bisnis penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang serius pada saat proses transaksi. Oleh karena itu digunakanlah Sistem Pemrosesan Transaksi atau TPS  agar sistem transaksi yang digunakan  perusahaan dapat terintegrasi dan digunakan secara efektif.


10. Group Decision Support dan Computer Support Collaborative Work System

Disebut GDSS, fungsinya untuk mengumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan suatu grup dalam perusahaan. Hal ini berbeda dengan DSS yang hanya dilakukan pada masing-masing individu. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam skala besar.




Komentar

Postingan Populer